Back

May 25, 2022

TOPIC

Strategi Marketing Sosial Media: Cara Efektif Mempromosikan Bisnismu

5 min read

Dalam dunia digital marketing, media sosial merupakan salah satu tempat untuk memasarkan (marketing) produk atau bisnis. Strategi pemasaran via media sosial ini sering juga kita kenal dengan istilah social media marketing.

Seiring berjalannya waktu, pengguna media sosial semakin bertambah banyak. Berdasarkan data, di Indonesia sendiri, pengguna media sosial sudah mencapai angka 167 juta user di tahun 2023. Jumlah ini merupakan 60.4% dari penduduk Indonesia sendiri. Umumnya, pengguna media sosial ini adalah milenial dan Gen-Z.

Dari data yang ada di atas, bisa kita simpulkan bahwa media sosial sudah jadi tempat yang sangat strategis untuk memasarkan produk atau meningkatkan brand awareness. Oleh karena itu, keahlian social media marketing juga sudah sangat diperlukan agar semakin banyak audiens yang tertarik dengan bisnis kamu. Sebagai pembaca setia blog Jenfi, kamu cukup beruntung karena kami akan memberikan tips untuk meningkatkan kesuksesan strategi social media marketing kamu:

 

Pengertian Social Media Marketing

Social media marketing adalah strategi untuk memasarkan produk atau meningkatkan brand awareness melalui media sosial. Di Indonesia sendiri, media sosial yang paling populer adalah Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok.

Bagaimana cara melakukan marketing di sosial media? Biasanya, ada tim khusus yang bertugas untuk membuat konten seperti video, gambar, atau bentuk konten lainnya. Konten ini sendiri dibuat dengan semenarik mungkin untuk mencuri perhatian audiens.

Audiens yang tertarik ini diharapkan melakukan engagement dengan konten yang sudah dibuat. Berbagai bentuk interaksi dapat meningkatkan engagement pada media sosial kamu, seperti memberikan like, comment, save konten atau bahkan follow akun sosial media kamu. Jika mereka juga membagikan konten kamu kepada teman-teman terdekatnya, maka jangkauan atau reach konten kamu dapat semakin meluas.

Setelah audiens ini tertarik dengan konten kamu, harapannya adalah mereka jadi ingin lebih tahu seputar bisnis yang kamu punya. Selanjutnya mereka yang sudah tertarik dengan bisnis kamu akan membeli produk yang kamu tawarkan.

Kenapa Harus Pakai Strategi Social Media Marketing?

Berdasarkan data, 80% eksekutif perusahaan menganggap penting untuk berinvestasi di media sosial. Hal ini menunjukkan bahwa peran sosial media dalam marketing sangat besar untuk kemajuan bisnis kamu. Apa saja alasannya? Berikut ini adalah jawabannya:

Media yang Paling Strategis

Hampir semua orang setidaknya mempunyai satu akun media sosial. Biasanya, mereka menghabiskan waktu di sini sampai 147 menit setiap harinya. Hal ini membuat media sosial jadi sangat strategis untuk bisnis dan sudah jadi kewajiban setiap brand untuk memasarkan bisnisnya di platform media sosial.

Tempat Berkomunikasi dengan Calon Customer

Tidak hanya sebagai tempat untuk memasarkan bisnis, media sosial juga dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan audiens. Biasanya, jika ada audiens yang tertarik pada produk tertentu, mereka akan mencari informasi di media sosial. Akan sangat disayangkan bila kamu kehilangan calon customer seperti ini hanya karena tidak memiliki media sosial.

Sebagai Data untuk Mengambil Keputusan Bisnis

Karena pengguna media sosial yang sangat tinggi, bisa kita katakan kalau kondisi market yang sebenarnya bisa tercermin langsung lewat media sosial. Karena alasan ini juga, 72% manajemen perusahaan menggunakan media sosial sebagai pertimbangan untuk mengambil keputusan bisnis. Hal ini menunjukkan bahwa media sosial memberikan data dengan tingkat kepercayaan yang tinggi.

Hemat dan Efisien

Membuat akun di media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan YouTube tidak dikenakan biaya sama sekali. Tidak hanya itu, mempublikasikan konten di sini juga gratis dan tidak ada batasan.

Mungkin kamu bisa sekali-kali membayar jika konten ingin mendapatkan boost atau melakukan promosi berbayar. Meskipun demikian, biaya yang kamu keluarkan di sini tidak lebih banyak jika ingin memasang iklan di TV atau billboard. Karena alasan ini, media sosial dinilai lebih hemat dan efisien.

 

Strategi Marketing Sosial Media: Tips dan Trik

Sekarang, kamu sudah tahu kalau media sosial sangat penting untuk keberlangsungan semua jenis bisnis. Karena alasan ini, kamu harus memanfaatkan sosial media sebaik mungkin agar tidak tertinggal oleh para kompetitor. Berikut ini kami berikan tips agar strategi social media marketing kamu bisa jauh lebih sukses dari sebelumnya:

Tips 1: Buat Konten Semenarik Mungkin

Algoritma yang ada di semua media sosial diatur agar pengguna menghabiskan waktu yang lama di sana. Caranya adalah mereka akan terus menampilkan konten yang diprediksikan akan menarik perhatian masing-masing pengguna. Konten yang menarik ini akan lebih cepat disebarkan dan masuk ke feed banyak audiens. Jadi, jika kamu ingin sukses di media sosial dan memiliki engagement yang tinggi, maka membuat konten menarik adalah kuncinya.

Tips 2: Respon Chat atau Komentar dari Audiens

Membalas chat atau komentar dari audiens sangat penting untuk perkembangan media sosial bisnis kamu. Kalau bisa, kamu harus merespon semua pertanyaan ini di hari yang sama. Dengan melakukan hal ini, koneksi antara brand kamu dengan audiens akan terbentuk dan kemungkinan mereka membeli produk kamu jadi jauh lebih besar.

Penting untuk diperhatikan bahwa jangan sampai membalas pertanyaan seperti bot. Kamu harus menunjukkan sisi humanis agar audiens merasa mereka sedang berbicara dengan orang sungguhan.

Berdasarkan data, 78% pelanggan akan membeli lagi produk jika memiliki customer service yang memuaskan. Langkah awal melakukan hal ini adalah dengan mempercepat respon kamu di media sosial (fast response).

Tips 3: Post Konten di Waktu yang Tepat

Baik itu Facebook, Instagram, ataupun TikTok bisa memberikan kamu statistik traffic setiap jamnya. Gunakan data ini untuk menjadwalkan waktu publikasi konten kamu.

Selain itu, kamu juga harus konsisten ketika upload konten di media sosial. Algoritma setiap media sosial pasti akan menghargai konsistensi kamu dengan membuat reach menjadi lebih tinggi. Akan tetapi, konsisten di sini bukan berarti publish konten sebanyak-banyaknya setiap hari. Kami tidak menyarankan untuk melakukan hal ini karena bisa membuat orang menganggap media sosial kamu sebagai spam.

Tips 4: Manfaatkan Fitur Live Stream atau Shoppable Live Stream

Trend shoppable live stream atau belanja langsung dari konten live sedang marak di Indonesia saat ini. Berdasarkan data, 56% audiens Indonesia sudah pernah mencoba membeli barang melalui fitur live stream ini. Di sini, media sosial yang paling banyak digunakan untuk fitur live shopping adalah TikTok di angka 27.5%. Bagi kamu yang memiliki produk tertentu untuk dipasarkan, maka mungkin bisa mencoba cara yang satu ini.

Tips 5: Manfaatkan Influencer

Influencer merupakan tokoh yang sudah memiliki banyak follower dan biasanya memiliki fanbase tersendiri. Memanfaatkan influencer ini untuk kolaborasi (endorsement) dalam membuat konten merupakan cara yang sering digunakan di social media marketing. Harapan dari kolaborasi ini adalah untuk menarik fanbase dari influencer tersebut untuk membeli produk bisnis kamu.

Tips dari kami adalah, pastikan influencer yang kamu pilih memiliki persona atau fanbase yang sesuai dengan target market bisnis kamu. Selain itu, pastikan juga budget untuk menggunakan influencer ini sesuai dengan budget keseluruhan bisnis kamu.

Kesimpulan: Tujuan Menggunakan Strategi Marketing Sosial Media

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, strategi online marketing dengan sosial media sudah menjadi hal yang sangat penting. Buat konten yang paling menarik agar brand awareness terhadap bisnis kamu bisa jadi semakin luas. Semakin sering konten kamu muncul di feed banyak orang, semakin mudah juga bisnis kamu dikenali oleh mereka.

Social media marketing sendiri merupakan salah satu strategi dari digital marketing. Jika kamu ingin membaca seputar tips digital marketing, maka kamu bisa membacanya di sini.

Jenfi sendiri merupakan platform yang bisa membantu untuk mengembangkan bisnis kamu. Jika tertarik untuk konsultasi seputar bisnis, kamu bisa konsultasi dengan kami setiap saat!

Sumber:

What kind of founder are you? Take the quiz to find out

Read This Next